Dalam upaya terus meningkatkan kualitas pendidikan dan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik bagi mahasiswa, Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Musamus Merauke dan STIE Tri Bhakti Business School telah menjajaki perjanjian kerjasama yang melibatkan benchmarking kurikulum. Kolaborasi ini bertujuan untuk membandingkan kurikulum Prodi Manajemen di kedua universitas dan memperbaiki mutu pendidikan. Benchmarking kurikulum adalah proses perbandingan antara kurikulum dari dua atau lebih program studi untuk mengidentifikasi praktik terbaik dan peluang perbaikan. Ini membantu universitas untuk meningkatkan relevansi kurikulum mereka dengan kebutuhan industri dan perkembangan terkini di bidang studi mereka.
Proses benchmarking kurikulum melibatkan pertemuan antara dosen dan staf pengajar dari Prodi Manajemen di kedua universitas. Mereka berbagi informasi tentang indikator sasaran benchmarking mencangkup aspek: 1) Pengembangan Keilmuan, 2) Kajian Capaian Pembelajaran, dan 3) Kurikulum Program Studi Sejenis. Dan dibahas juga mengenai struktur, isi mata kuliah, metode pengajaran, dan tujuan pembelajaran di program studi masing-masing.
Hasil dari proses benchmarking ini dapat mencakup penyesuaian dalam kurikulum, pengenalan materi baru yang relevan, dan pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif. Hal ini akan menguntungkan mahasiswa di kedua universitas dengan memberikan pengalaman belajar yang lebih baik dan relevan.
Kerjasama antara FEB Universitas Musamus Merauke dan STIE Tri Bhakti Business School adalah contoh nyata dari pentingnya kolaborasi antar institusi pendidikan. Ini menciptakan peluang untuk meningkatkan mutu pendidikan dan menghasilkan lulusan yang siap bersaing di dunia kerja yang kompetitif.
Dengan perjanjian kerjasama ini, FEB Universitas Musamus Merauke dan STIE Tri Bhakti Business School adalah menunjukkan komitmen mereka untuk melangkah bersama dan terus berinovasi dalam memberikan pendidikan yang berkualitas tinggi. Ini adalah langkah positif menuju pembangunan kurikulum yang relevan dan adaptif terhadap perubahan-perubahan dalam dunia Pendidikan.